penghargaan

fiskeu

eproposal

statistik

harga

Info Lelang & Pengadaan

 

 

Tujuan dapat dirumuskan sebagai gambaran tentang keadaan yang diinginkan atau dicita-citakan oleh Dinas Perkebunan selama kurun waktu lima tahun ke depan berdasarkan tugas pokok dan fungsinya. Selain itu, tujuan Dinas Perkebunan merupakan sebuah upaya dalam mendukung pencapaian Pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Berau seperti yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Berau 2016-2021.

Adapun tujuan Rencana Strategis Dinas Perkebunan Kabupaten Berau tahun 2016-2021 dapat dirincikan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pertumbuhan sektor pertanian, dengan maksud sebagai berikut:

Tantangan perekonomian di era sekarang adalah bagaimana subjek dari perekonomian itu sendiri, yaitu masyarakat menjadi sejahtera. Jumlah penduduk yang besar menjadi fokus pemerintah daerah, sehingga arah perekonomian dibangun untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakatnya. Berdasarkan pertimbangan ini, maka sektor pertanian menjadi sektor penting dalam struktur perekonomian daerah sehingga sektor ini juga menjadi hal yang patut untuk dipertimbangkan.

Hal ini dicapai dengan sasaran:

  • Meningkatnya produksi komoditi unggulan perkebunan.

 

  1. Meningkatkan kesejahteraan petani perkebunan rakyat, dengan maksud sebagai berikut:

Sebagai negara agraris, sektor pertanian masih menjadi penyerap tenaga kerja terbesar di Indonesia. Agar sebagai penyerap tenaga kerja terbesar, pertanian harus mampu untuk selalu menjaga kesejahteraan bagi pelakunya. Pemerintah harus mampu menjamin kesejahteraan petani agar pertanian menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk terjun ke sektor itu.

Hal ini dicapai dengan sasaran:

  • Meningkatnya nilai tambah petani (NTP).

 

Sasaran merupakan sesuatu yang akan dicapai/dihasilkan secara nyata oleh Dinas Perkebunan dalam periode lima tahun ke depan sesuai dengan penjabaran dari tujuan rencana strategis. Dari keenam tujuan Renstra Dinas Perkebunan, dapat dirumuskan turunan tujuan berupa sasaran-sasaran perencanaan pembangunan subsektor perkebunan yang efektif dan efisien serta memiliki indikator yang spesifik, jelas, dan terukur sebagai bahan evaluasi, monitoring, dan perencanaan pembangunan di masa yang akan datang. Sasaran yang ingin dicapai oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Berau periode 2016-2021 sebagai pendukung pembangunan daerah adalah sebagai berikut:

  1. Tujuan kesatu, “Meningkatkan pertumbuhan sektor pertanian” dapat dicapai dengan sasaran:
  • Meningkatnya produksi komoditi unggulan perkebunan, dengan indikator sebagai berikut:
  • Produksi hasil perkebunan.

  2.   Tujuan kedua, “Meningkatkan kesejahteraan petani perkebunan rakyat” dapat dicapai dengan sasaran:

  • Meningkatnya Nilai Tukar Petani (NTP), dengan indikator sebagai berikut:

ü  Nilai Tukar Petani (NTP) perkebunan rakyat.

tujuan

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to Twitter