penghargaan

fiskeu

eproposal

statistik

harga

Info Lelang & Pengadaan

LAKIP

 

Tanjung Redeb (17/12/2015) Dinas Perkebunan Kabupaten Berau menggelar kegiatan rutin tahunan yakni perayaan Hari Perkebunan ke-58 yang jatuh pada tanggal 10 Desember setiap tahunnya. Perayaan hari perkebunan ke-58 tahun 2015 digelar pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2015 dengan suasana meriah namun tetep dalam gaya kesederhaan oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Berau yang berlokasi di dalam ruangan pertemuan dan rapat lantai II kantor Dinas Perkebunan Kabupaten Berau. Sebagaimana pernyataan Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Berau yakni Pattah Hidayat, SE., MM., dimana di dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwasannya perayaan Hari Perkebunan ke-58 tahun 2015 yang berlokasi di ruangan pertemuan dan rapat lantai II gedung kantor Dinas Perkebunan Kabupaten Berau berbeda dengan lokasi perayaan hari perkebunan sebelumnya yakni berlokasi di dalam lokasi pabrik Kelapa Sawit, hal tersebut dilakukan dengan dasar alasan kuat yakni tahun ini merupakan tahun panas bagi lingkungan politik di sekitar Kabupaten Berau yang baru saja melaksanakan pesta demokrasi yakni Pemilihan Kepala Daerah serentak di Kabupaten Berau pada tanggal 9 Desember 2015. Adapun daftar peserta undangan dalam perayaan Hari Perkebunan ke-58 tahun 2015 terdiri dari: Pejabat Bupati Berau beserta jajarannya, Kepala SKPD se-Kabupaten Berau, pimpinan perusahaan besar kelapa sawit, perwakilan asosiasi dan koperasi komoditi perkebunan, perwakilan petani perkebunan dan penyuluh lapang perkebunan.

Dalam Sambutan Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Berau yakni Pattah Hidayat, SE., MM., beliau menyampaikan tentang perayaan Hari Perkebun ke-58 tahun 2015 digelar dengan konsep kesederhanaan yang berlokasi di ruang pertemuan dan rapat lantai II gedung kantor Dinas Perkebunan Kabupaten Berau namun demikian tidak mengurangi makna dari kegiatan perayaan hari perkebunan tersebut. Dengan perayaan hari perkebunan ke-58 yang merupakan bentuk rasa syukur beliau kehadirat Alloh SWT atas kemajuan dalam sektor perkebunan di Kabupaten Berau di tahun 2015. Beliau menjelaskan bahwasannya hari perkebunan yang digelar pada tanggal 10 Desember setiap tahunnya, dimana hingga tahun ini merupakan tahun ke-7 dari perayaan hari perkebunan yang dilaksanakan serentak secara nasional, khususnya untuk daerah Kabupaten Berau. Dalam sejarah perkembangan hari perkebunan, dimana hari perkebunan mulai diperingati pada tanggal 10 Desember 1957 yang merupakan hari perkebunan nasional sebagai tonggak sejarah terjadinya nasionalisasi terhadap perubahan status kepemilikan semua perusahaan perkebunan milik penjajahan (eks kolonial) Belanda di negara Indonesia menjadi perusahaan milik negara Indonesia (BUMN). Dalam kesempatan kali ini beliau juga menjelaskan perkembangan sektor perkebunan baik itu dari perusahaan perkebunan milik negara, perkebunan besar swasta maupun perkebunan rakyat dimana seiring dengan berjalannya waktu secara tidak langsung telah memberikan kontribusi sebagai komoditi yang memberikan nilai ekonomi dalam ketahanan pangan, perbaikan fungsi lingkungan, memiliki fungsi sosial perekat dan pemersatu bangsa. Beliau menjelaskan bahwa tema yang dipilih pada hari perkebunan ke-58 tahun 2015 ini berdasarkan  kesesuaian kondisi bangsa Indonesia melalui ketetapan nasional yakni: “Revitalisasi Peran Perkebunan Dalam Menunjukan Kedaulatan Pangan Nasional”.

Dalam sambutan Pejabat Bupati Sementara yakni Syarifuddin, beliau menyampaikan pesan amanat dari Direktorat Jendral Perkebunan (Dirjenbun) kepada masyarakat perkebunan bahwasannya beliau memberikan semangat motivasi kepada masyarakat dalam meningkatkan pembangunan perkebunan sebagai salah satu andalan dalam perekonomian nasional Negara Indonesia. Dalam sejarah perkembangan bangsa dimana komoditas perkebunan seperti rempah-rempah telah menjadi penyebab hadirnya penjajah di muka bumi nusantara hampir lebih dari 3,5 abad. Beliau menyampaikan sejarah yang kelam tersebut tentu saja menjadi pelajaran yang paling berharga bagi kita semua tentang bagaimana perlunya kita menjaga dan memanfaatkan perkebunan sebagai modal dasar bagi pelaku perkebunan agar dapat sejahtera dan memperoleh pendapatan layak dalam kehidupannya. Berdasarkan pada hal tersebut, maka disusun dan ditetapkanlah tema hari perkebunan ke-58 tahun 2015 dengan tema yang dipilih adalah “Revitalisasi Peran Perkebunan Dalam Menunjukan Kedaulatan Pangan Nasional”. Beliau juga menyampaikan penekanan hakekat hari perkebunan yakni hari pada insan perkebunan berbangga dan mawas diri atas segala prestasi yang dicapainya dan sekaligus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala Rahmat dan nikmat yang diberikan, serta hari perkebunan merupakan saat yang tepat untuk saling berbagi dan saling memperhatikan serta saling menguatkan dari insan perkebunan kepada insan perkebunan lainnya atau dari insan perkebunan kepada masyarakat yang lainnya sebagaimana peringatan hari perkebunan di tahun sebelumnya dengan kesamaan tujuan yakni membangun kebersamaan melalui berbagi bersama, berkarya bersama dan berbahagia bersama.

Setelah acara sambutan dari pejabat bupati sementara yakni Syarifuddin, rangkaian acara hari perkebunan ke-58 dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng oleh beliau lalu dibagikan secara simbolis kepada kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Berau yakni Pattah Hidayat, SE., MM., kemudian dilanjutkan dengan acara penyerahan penghargaan kepada beberapa insan perkebunan yang telah berkontribusi dalam pembangunan sektor perkebunan di Kabupaten Berau, baik dalam kelompok tani, gabungan kelompok tani, asosiasi petani perkebunan, koperasi perkebunan maupun perusahaan besar perkebunan.

Liputan video silahkan klik gambar di bawah ini :

         

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to Twitter